Kembali ke atas
Login Member
Username:
Password :
Agenda
18 October 2017
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

SEJARAH SINGKAT SMK SMTI PADANG

 

         Sekolah Menengah Kejuruan SMTI Padang semula bernama Sekolah Teknologi Menengah Atas (STMA). Sekitar triwulan pertama tahun 1966 ada edaran dari Menteri Perindustrian Rakyat yang ditandatangani oleh Pembantu Utama Militer manganjurkan agar setiap daerah membuka Sekolah Teknologi Menengah Atas (STMA) dan ini mendapat respon dari alumni STMA Yogyakarta yang bekerja di Dinas Perindustrian Sumatera Barat.

 

         Pada tanggal 7 Februari 1967 oleh alumni STMA Yogyakarta membuka/mendirikan Sekolah Teknologi Menengah Atas (STMA) dan program pendidikannya 4 tahun. Pada tahun 1985 melalui Surat Keputusan Menteri Perindustrian, Nomor : 235/M/SK/1985, tanggal 25 Juli 1985 terjadi perobahan nama dari STMA menjadi SMTI dengan program pendidikan 3 tahun dengan memiliki satu program studi yaitu “Kimia Industri”. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nomor : 177/C/Kep/87 tanggal 9 Oktober 1987 dinyatakan bahwa ijazah SMTI yang diselenggarakan oleh Departemen Perindustrian dapat dinilai/dihargai setingkat dengan ijazah/STTB SMA Negeri lainnya. Selanjutnya berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian RI, No. 77/M-IND/PER.8/2011, tanggal 12 Agustus 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah, nama SMTI Padang nomenklaturnya berubah menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMTI Padang.

 

         Sejak berdirinya SMK SMTI Padang tahun 1967 dan sudah berperan selama 49 tahun telah berperan menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten dibidang kimia industri sehingga mampu menunjang pertumbuhan serta perkembangan industri di Sumatera khususnya dan Indonesia umumnya dengan jumlah alumni sampai sekarang 3.544 orang (2014). Lulusan sekolah ini sebelum dinyatakan LULUS oleh satuan pendidikan SMK SMTI Padang telah terserap di dunia usaha dan dunia industri dengan masa tunggu 2 bulan. Sedangkan bidang-bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan ini meliputi laboratorium kimia, proses industri kimia, operasi teknik kimia, quality control, sampling, pengolahan air, pengolahan limbah dan bidang pekerjaan lainnya. Penempatan lulusan sekolah ini meliputi dunia usaha & dunia industri, balai-balai penelitian, laboratorium, proses industri, Pegawai Negeri Sipil, Berwirausaha dan bahkan ada yang menjadi TNI/POLRI sesuai dengan kemajuan dan tuntutan zaman.

 

         SMK SMTI Padang ke depan memiliki status yang kuat dengan adanya MoU antara Menteri Perindustrian dengan Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Repuplik Indonesia, No. 358/M-IND/6/2010 dan No. 606/VI/KB/2010, tanggal 9 Juni 2010 tentang Penyelenggaraan dan Pembinaan Pendidikan Menengah Kejuruan pada Sekolah Menengah Analis Kimia dan Sekolah Menengah Teknologi Industri, yang ditindaklanjuti dengan kesepakatan anatara Esellon I kedua Kementerian, maka pengembangannya tidak hanya menjadi tanggungjawab Kementerian Perindustrian, melainkan juga menjadi tanggungjawab Kementeroan Pendidikan Nasional & kebudayaan, termasuk pengembangannya menjadi Sekolah bertaraf Internasional (SBI).

 

         Kedudukan, tugas dan fungsi SMK SMTI Padang diperkuat dengan adanya dasar hukum tentang Perindustrian, antara lain Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014  tentang “Perindustrian” (pasal 16) menyatakan bahwa pembangunan sumber daya  manusia Industri dilakukan untuk menghasilkan sumber daya manusia kompeten yang meliputi, Wirausaha industri, Tenaga Kerja Industri, pembina industri dan konsultan industri serta Peraturan Pemerintah .Nomor 41 tahun 2015 tentang pembangunan Sumber daya Industri (Pasal 4) dilakukan melalui : Pendidikan vokasi industri berbasis kompetensi; Pendidikan dan pelatihan Industri berbasis kompetensi dan atau spesialisasi, Pemagangan Industri, Sertifikasi Kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)

 

         Saat ini SMK SMTI Padang melaksanakan program 3 (tiga) tahun dengan program keahlian “Teknik Kimia” dan kompetensi keahlian “Kimia Industri”. Pada tahun 2007 SMK SMTI Padang telah terakreditasi dengan nilai “B” Di tahun yang sama (2007)  SMK SMTI Padang telah mendapatkan sertifikat Sistim Manajemen Mutu ISO 9001:2000, dengan No. Sertifikat QEC 24493 dari lembaga sertifikasi SAI Global Australia. dan pada tahun 2010 SMK SMTI Padang terakreditasi dengan nilai “A” yang ditetapkan oleh badan Akreditasi Sekolah Provinsi Sumatera Barat.

 

         Pada tahun 2012, SMK SMTI Padang telah melaksanakan proses reposisi unit pendidikan yang berada dibawah Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri melalui Sekolah Menengah Kejuruan yang berbasis pada Spesialisasi dan Kompetensi. Spesialisasi dan Kompetensi yang dimiliki SMK SMTI Padang awalnya adalah sarung tangan karet dan sabun padat. Pada tahun 2012 telah dilaksanakan juga kerjasama dengan dunia Internasional untuk membantu dalam proses pengembangan kurikulum dengan menggunakan jasa bantuan konsultan dari VAPRO Belanda.

 

         Pada tahun 2013, sebelum dimulainya tahun pelajaran 2013/2014  dibahas kembali spesialisasi dan kompetensi dengan warga sekolah untuk menetapkan visi, misi, kebijakan mutu, motto sekolah. Pada bulan Juli 2013 ditetapkan spesialisasi dan kompetensi SMK SMTI Padang dengan memperhatikan segenap sumber daya, sarana prasaran serta faktor pendukung lainnya menjadi “Teknologi Pengolahan Kelapa dan Minyak Atsiri”.

 

         Untuk menunjang proses pelaksanaan spesialisasi dan kompetensi ini, SMK SMTI Padang juga telah melaksanakan janji kinerja Sekolah Bertaraf Internasional seperti sekolah telah terakreditasi oleh BASPRO, telah memiliki kurikulum berbasis spesialisasi dan kompetensi sesuai kebutuhan pasar tenaga kerja dan industri melalui Standar Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) , melaksanakan proses belajar mengajar berbasis IT, menerapkan Sistim Manajemen Mutu ISO 9001:2008, memiliki standar training workshop, memiliki teaching factory, melaksanakan penataan lingkungan sekolah menjadi green school, memiliki institusi pasangan dalam dan luar negeri, melakukan peningkatan kualifikasi siswa dan lulusan di dunia kerja baik dalam dan luar negeri, memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi dan Tempat Uji Kompetensi yang telah diberi lisensi oleh BNSP pada tanggal 19 Desember 2013, dengan No. BNSP-LSP-114-ID dan keputusan Ketua BNSP No. KEP.497 BNSP/XII/2013. Disamping itu Guru SMK SMTI Padang telah melaksanakan Teacher Training berskala Internasional yang dilaksanakan oleh VAPRO Belanda Indonesia.

 

         Seiring dengan perkembangan tersebut, SMK SMTI Padang ikut mempersiapkan diri dan meningkatkan mutu terutama dibidang sumber daya manusia industri tingkat menengah yang mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan industri dengan memanfaatkan serta mengembangkan segala potensi sumber daya alam yang ada untuk digunakan baik secara teoritis maupun aplikatif sehingga dapat dimanfaatkan dalam menangani laboratorium kimia, melaksanakan proses industri kimia, melaksanakan operasi teknik kimia, melakukan analisis non instrumen, melaksanakan analisis mikrobiologi industri, melaksanakan bisnis mandiri, melaksanakan analisis instrumen, melaksanakan pengelolaan limbah serta berjiwa wirausaha dalam bidang industri kecil kimia untuk meningkatkan nilai tambah dalam menumbuhkembangkan industri serta dapat meningkatkan pendapatan negara.

 

Dalam mencapai tugas pokok dan fungsinya, SMK-SMTI Padang menetapkan VISI yang merupakan angan-angan, cita-cita yang bersumber dari keinginan yang kuat mengenai apa yang ingin dicapai dan ingin menjadi seperti apa serta kemana arah SMK-SMTI Padang berjalan nantinya.